Wednesday, October 24, 2012

Bullies

Jadi, blog ini gue tulis pas gue denger kata-kata dari lagu 'Sanctuary' nya Paradise Fears. Disitu ada lirik yang bunyinya 'What was left is your voice, you've got no choice than to raise it' yang artinya 'Yang tersisa tinggal suara lo, dan lo gapunya pilihan lain selain ngutarain nya'

 SMA...
Banyak yang bilang masa - masa SMA itu masa yang paling indah.. Tadinya gue setuju sama kata-kata itu. Tapi setelah ngeliat apa yang hari ini gue liat... Uhm, pikir berulang kali deh tentang kebenaran kalimat itu. 

SMA menurut gue itu adalah tiga tahun yang isinya belajar, ngerjain PR, ulangan, nyontek, seneng-seneng sama temen. Saat lo belajar tentang segala macem hal yang ngga bisa dipelajarin hanya dalam waktu satu jam. Lulus SMA, kita semua pasti udah milih jalur masing-masing ya.. Kuliah pasti salah satu pilihan yang sering diambil untuk anak-anak SMA, tapi nggak sedikit yang milih kerja, dan pastinya banyak banget dong ya yang milih kuliah sambil kerja. Intinya, we move on from high school. Kita lepasin masa SMA kita. Kita lanjut hidup.

The jocks, the popular, the nerd, the class clown... Itu semua kenangan indah dari SMA yang kita tinggalin. Ninggalin bukan berarti ngelupain, cuma berarti kita lanjut hidup. Kita lepas dari segala macem atribut yang berbau ke-SMA-an nya. Tapi sayang, nggak semua orang begini. Enggak semua orang (kalo kata anak-anak gaul jaman sekarang) 'move on'. Mereka masih stuck di kenangan fana mereka tentang SMA.

Hari ini gue ngeliat satu hal yang bikin ngenes. Saat temen-temen cowok gue, di tahun akhir mereka jadi anak SMA masih juga jadi korban bully. Kok bisa? Yap, mereka di bully sama mereka para graduate yang masih belum bisa move on. Disitu, gue merasa semua omongan tentang 'against bullying' itu bullshit.

Bisa bayangin kan, saat siswa SMA di bully sama alumni yang udah lama lulus. Gue nggak habis pikir. Mereka itu orang-orang yang jauh lebih tua dari gue, jelas, angkatan nya lama. Tapi mereka nggak juga punya kehidupan yang mandiri diluar dari kenangan fana mereka tentang kehidupan SMA.

Temen-temen gue itu cowok semua, mereka semua berani, badung lah bisa dibilang. Tapi gue tau, mereka bukan anak-anak yang anarkis. Gue tau, temen-temen cowok gue ini, mereka mau nyetop bullying. Mereka mau yang ngilangin yang namanya 'antar angkatan'. Mereka mau kelas 1-2-3 itu nyatu sebagai satu kesatuan. Tapi sedih nggak sih lo, ngeliat usaha mereka disandung sama campur tangan seseorang yang bahkan udah bukan siswa sekolah lo lagi?

What's even more heart breaking adalah saat semua temen-temen gue ketakutan untuk pulang karena si alumni (dan teman-teman nya) itu nunggu di parkiran sekolah, nggak ada satu pun yang bertindak. Satpam sekolah kayak keilangan authority mereka untuk nyegah siapa aja yang boleh masuk. Saat gue lapor ke 'pihak' yang bersangkutan, dia bahkan nggak berusaha untuk ngusir. Dia malah duduk dan nyuruh temen-temen gue buat nunggu. Honestly, beliau adalah sesosok orang yang sangat gue hormatin, tapi setelah hari ini, kayaknya pandangan gue berubah. Gue bilang tentang alumni nungguin disitu, dia bilang 'sampe dia ngelakuin kekacauan, saya gabisa ngusir'.

Lord, alumni itu jelas bikin kekacauan. Gara-gara mereka temen-temen gue ngga bisa pulang! Jujur, gue sedih ngeliat nya.

Sampe kapan generasi kita diteken untuk ngelakuin hal-hal yang alumni mau? Sampe kapan siswa SMA takut sama alumni? Sampe kapan alumni-alumni itu mau ngegangguin siswa SMA? Gue memang bukan salah satu yang disuruh ini itu sama alumni, tapi gue cukup tau kalo temen-temen yang selama tiga taun belakangan ini ngebantuin gue, mereka yang jadi korbannya.

Mereka disuruh ngambilin kolekan (semacam hasil palak), mereka disuruh tempur lawan sekolah lain, mereka disuruh ini itu... Gue nggak terima temen-temen gue kena bullying. Dan jelas, gue sangat berharap someday, si oknum-oknum ngga bisa move on ini finally bisa untuk move on, lanjutin hidup, kerja, berkeluarga, dan nggak lagi berhubungan sama siswa sekolahnya. Karena mau sampe kapan bullying ini berlanjut?

 I raise my voice, I am against bullying. Please guys, do the same. Dari sekolah mana pun kalian, pasti ada kan kejadian kayak gini? Kalian terima mereka nginjek-nginjek kalian kaya gitu?

Raise your voice!!

No comments:

Post a Comment